INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA WAJASARI ADIMULYO KEBUMEN

POSYANDU BALITA DESA WAJASARI

POSYANDU BALITA DESA WAJASARI

Pada Hari Selasa,02 Juli 2024 yang bertempat di empat titik wilayah Desa Wajasari baik di Dusun Mbanger ,Wajasari Wetan,Wajasari Tengah,Wajasari Kulon telah melaksanakan kegiatan Posyandu oleh kader masing-masing wilayah dan di dampingi Bidan Desa.Dalam kegiatan yang selalu mengangkat logo Aku anak sehat, tubuhku kuat, berat badanku ditimbang selalu, Posyandu menunggu setiap waktu maka kader siap melayanibalita di wilayahnya. Peran Posyandu di tengah masyarakat sangatlah besar. Meski identik dengan bayi dan balita, kegiatan Posyandu dan manfaatnya sangat penting untuk mendeteksi pertumbuhan balita. Saat hari buka Posyandu, terdapat 5 langkah pelayanan, yaitu:

1.Pendaftaran

2.Penimbangan dan pengukuran

  • Pada balita: penimbangan berat badan, pengukuran panjang/tinggi badan, lingkar kepala (LK), dan lingkar lengan atas (LiLA).
  • Pada sasaran remaja, usia produktif, dan usia lanjut: penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, pengukuran lingkar perut, tekanan darah, dan lingkar lengan atas (khusus pada wanita usia subur.

3. Pencatatan

4. Penyuluhan Kesehatan

Penyuluhan kesehatan dilakukan oleh kader, dengan kegiatan penyuluhan kesehatan sesuai dengan sasaran siklus hidup yang dilayani, diantaranya:

  1. Pada balita: pemberian makanan penyuluhan kaya protein hewani, edukasi pemantauan tanda bahaya.
  2. Pada remaja, usia produktif, dan usia lanjut: pemberian edukasi aktifitas fisik, pentingnya deteksi dini (cek kesehatan), pencegahan anemia, bahaya rokok dan NAPZA, edukasi risiko penyakit Obesitas, Hipertensi, Diabetes, dan TBC.  
  3. Pelayanan Kesehatan

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter